Bunga Sakura

By 20.15



Sakura

Haiii sahabat blogger.. saya balik lagi nih buat nge-posting artikel tentang bunga-bunga yang indah nan unik.
Kali ini saya akan membahas tentang bunga yang sangat terkenal di Negaranya nih. Bunga ini berukuran kecil tapi bermekaran dalam satu pohon. Warnanya ada yang pink, putih, biru dan warna lembut-lembut lainnya. Bahkan bunga ini menjadi lambang kelembutan.
Bunga apakah itu?
Yeay!! Nama bunga ini adalah Sakura..

Bunga ini termasuk bunga yang sangat terkenal, tidak hanya di Negaranya saja tetapi diberbagai belahan dunia sangat mengenal bunga ini.
Bahkan bunga sakura ini menjadi ikon untuk Negara Jepang. Sakura biasanya mekar saat musim semi. Arti dari nama Sakura sendiri yaitu “saku” berarti mekar, dan “ra” berarti jamak, jika digabungkan berarti mekar secara jamak atau bisa dibilang bermekaran. Di Inggris sakura dinamakan Cherry Blossom. Bunga ini bermekaran disetiap pohonnya secara bersamaan, bunganya juga akan jatuh satu-persatu dalam waktu yang bersamaan.
Hampir disepanjang jalan di Kota Jepang banyak sekali ditemukan pohon sakura. Kebayangkan bagaimana indahnya Kota Jepang jika musim semi dipenuhi dengan bunga-bunga sakura yang indah nan cantik ini?
Sakura memiliki beberapa jenis, dan setiap jenis dari bunganya memiliki ciri khas tersendiri pula.
Jenis sakura someiyoshino memiliki ciri khas mekar lebih cepat dibandingkan jenis sakura yang lainnya. Semua jenis sakura dibuahkan dari hasil persilangan seperti jenis someiyoshino yang tersebar di seluruh jepang sejak zaman meiji dan persilangan denga sakura di zaman edo. Pada zaman dulu sebelum ada jenis someiyoshino, orang Jepang mengenal bunga sakura yang mekar di pegunungan yang disebut yamazakura dan yaezaki no sakura sebagai sakura. Di saat mekarnya bunga sakura, ribuan batang pohon Yamazakura yang tumbuh di Pegunungan Yoshino menciptakan pemandangan menakjubkan warna putih, hijau muda, dan merah jambu.
Beberapa jenis sakura:
         Hikanzakura
Hikanzakura atau disebut juga kanhizakura adalah sakura yang tersebar mulai dari wilayah Tiongkok bagian selatan sampai ke Pulau Formosa. Kanhizakura banyak ditemukan tumbuh liar di Prefektur Okinawa. 

         Edohigan
Edohigan adalah sakura yang mekar di Hari Ekuinoks Musim Semi dan bunganya paling panjang umur. Jenis-jenis lain yang serupa dengan edohigan adalah ishiwarizakura dan yamadakashinyozakura yang termasuk pohon sakura yang dilindungi. 

         Fuyuzakura
Fuyuzakura adalah jenis pohon sakura yang bunganya mekar sekitar bulan November sampai akhir bulan Desember. Karena jenis ini hanya mekar saat musim hujan.

         Shidarezakura
Shidarezakura adalah sakura yang bunga dan cabang-cabang pohonnya mengarah ke bawah seperti sedang berjatuhan. Sakura jenis ini ada yang memiliki lima mahkota bunga dan lebih dari lima mahkota bunga. Sakura ini mekar pada akhir bulan Maret dan awal bulan April.




Terima kasih sudah mengunjungi blog saya :) tunggu postingan artikel bunga lainnya yaa..


You Might Also Like

1 komentar