BUNGA ABADI

By 00.16



EDELWEIS



Hai sahabat blogger..
Saya balik lagi nih untuk membahas tentag bunga yang tak asing lagi jika dibicarakan dengan para pendaki gunung. Yeay! Bunga abadi atau everlasting flower. 

Edelweis memang sangat mengagumkan bukan? Bentuknya sederhana namun keindahannya tiada tara. Mungkin jika anda adalah para pendaki gunung, pastinya sudah tak asing lagi dengan kata-kata edelweis bukan?
Jangankan untuk para pendaki gunung, untuk orang-orang yang tidak pernah mendaki gunung saja mereka mengetahuinya. Bahkan ada juga yang sangat menyukainya, tau seluk-beluk dari edelweis itu, tetapi dia belum pernah melihat secara langsung bagaimana wujud nyatanya dan bagaimana baunya.

Banyak sekali yang sangat mencintai bunga edelweis ini, mitosnya jika ada seorang pasangan yang dapat mengambil bunga edelweis di pucuk gunung, pasangan tersebut akan mendapat umur panjang dalam hubungan mereka. Tetapi hanya mitos yaaa.. karena yang tau umur hubungan seseorang hanya Tuhan Yang Maha Esa, guys..

Bunga edelweis asli hanya dapat ditemukan di tempat tinggi, seperti di gunung. Edelweis adalah tanaman yang memerlukan sinar matahari penuh, dan itu bisa didapatkan di area gunung yang sangat tinggi. Memerlukan banyak sinar matahari bukan berarti tidak memerlukan hawa sejuk untuk tanaman ini, justru karena hanya dapat hidup di gunung tanaman ini dikenal membutuhkan sinar matahari dan hawa sejuknya.

Tanaman ini sekarang sudah sangat punah, ini semua juga ulah manusianya sendiri, jika Anda beruntung Anda bisa menemukan tanaman ini yang tumbuh di gunung-gunung di jawa, sumatra, dan lombok. para pendaki gunung terkadang tidak bisa menahan nafsu untuk “mengambil” tanaman ini. Karena jumlah pendaki gunung tidak sedikit, dan semua dari mereka pasti mengambil tanaman ini, jadi tanaman ini sudah punah dan susah ditemukan di gunung-gunung.
Jumlahnya kini terus menurun, dan akhirnya edelweis menjadi salah satu tanaman yang dilindungi di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango , Jawa Barat.
Larangan untuk memetik tanaman ini juga banyak dilanggar oleh para pendaki yang menemukan tanaman ini.

TAPIII........
Kabar gembiranya, bunga Edelweis Jawa sudah banyak dibudidayakan oleh para petani di daerah Dataran Tinggi Dieng di Jawa Tengah. Para petani ini membudidayakannya dengan cara menanam anakan yang tumbuh dari biji dan tersebar di sekitar pohon induknya serta ditanam di daerah dataran tinggi lebih dari 1000 mdpl, pada tanah liat berkapur atau berpasir dengan pH (keasaman tanah) antara 4 - 7.

Kemauan dan kesadaran yang gigih dari kita untuk membuat Edelweis tetap menjadi bunga abadi dan tumbuh di alamnya. Biarkan dia disana untuk menyambut para pendaki dengan indahnya. Jaga Edelweis dari hati ya sahabat blogger.

Artikel tentang bunga edelweis sampai sini dulu ya sahabat blogger. tunggu postingan saya yang lainnya. Terima kasih sudah berkunjung di blog saya :)

You Might Also Like

1 komentar