Bunga Cempaka

By 19.47


BUNGA CEMPAKA



Hallo sahabat blogger, saya kembali lagi nih untuk membahas tentang bunga cempaka wangi. Mau tau seluk-beluk dari bunga cempaka? Yuk simak artikel saya kali ini.

Cempaka wangi adalah pohon hijau abadi besar yang bunganya berwarna putih atau kuning. Bunganya sudah dikenal luas sebagai sumber wewangian dari pohon cempaka itu. Pohon  bunga cempaka ini ditemukan dibenua India dan Asia Tenggara. Kayu dari pohon ini biasanya digunakan untuk penghias taman. Bijinya terbungkus oleh salut biji yang disukai burung. Bunga cempaka wangi ini menjadi bunga identitas untuk provinsi Aceh, di sana dikenal sebagai Bungong Jeumpai Gadeng.

Dalam percakapan sehari-hari yang dimaksud dengan cempaka biasanya adalah cempaka wangi ini. Nama “cempaka” di ambil dari bahasa sansekerta. Nama-nama dalam berbagai bahasa di India juga memiliki nama bermiripan, seperti champac, sonchaaphaa, atau sampangi.
Terdapat suatu varietas botani asal Asia Tenggara bernama M. Champaca var. Pubinervia (Blume) Figlar et Noot.





Kegunaan dari bunga cempaka wangi
Bunga cempaka wangi melepaskan aroma yang sangat harum. Bunga yang masih kuncup biasanya menjadi hiasan rambut pengantin atau diletakkan pada mangkuk berisi air sebagai pengharum ruangan. Aroma dari bunga cempaka wangi ini juga di gunakan untuk komponen utama salah satu parfum dari perancis, Joy.


Pohon cempaka biasanya ditanam di pekarangan rumah, kuil atau di daerah pemakaman. Karena asosiasi dengan atempat-tempat suci, pohon cempaka wangi sering dianggap sebagai pohon keramat.
Di Jawa pohon cempaka wangi biasanya dikenal dengan nama kembang Kantil, karena sering dipakai pada acara-acara pernikahan serta wanginya yang membuat orang yang tercium aromanya terasa tertarik. Yang banyak tumbuh di Jawa juga cempaka putih. Bunga cempaka kuning sudah jarang ditemukan di Jawa. 




Cara budi daya dan pelestaria pohon bunga cempaka wangi
Pohon bunga cempaka wangi dapat diperbanyak dengan cangkok atau dengan menumbuhkan bijinya. Hasil persilangan dengan M. Montana menghasilkan cempaka putih atau kantil putih (Michelia xalba).

Sekian artikel saya tentang bunga cempaka wangi, semoga bermanfaat daaan jangan lupa selalu kunjungi blog saya untuk membaca artikel-artikel tentang bunga yang lainnya. Terima kasih.

You Might Also Like

5 komentar

  1. Assalam. Saya ada pohon cempaka merah .. Bila berminat silahkan hubungi 083820659653..
    Thx

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Daerah cianjur pak.. Bapak dimana? Hubungi saja no itu pak...

      Hapus
    2. Daerah cianjur pak.. Bapak dimana? Hubungi saja no itu pak...

      Hapus