PLUMERIA

By 20.58

Kamboja

Hallooo sahabat blogger..
Saya balik lagi nih untuk membahas asal-usul bunga kamboja yang terkenal dengan cerita religi dari masyarakat karena bunga kamboja ini banyak tumbuh di pemakaman.

ASAL-USUL BUNGA KAMBOJA
Bunga kamboja ditemukan oleh seorang botanis yang berkebangsaan perancis, namanya Charles Plumier. Nahhh karena itulah bunga kamboja memiliki nama latin Plumeria. Bayak yang mengira bunga ini berasal dari negara dengan nama yang sama yaitu negara Kamboja. Padahal bunga ini tidak ada sangkut pautnya dengan negara Kamboja, karena bunga kamboja berasal dari Amerika Tengah yang meliputi Equador, Colombia, Cuba, Venezuela, dan Mexico.

Sejak kapan bunga kamboja ada di Indonesia sampai sekarang belum diketahui tepatnya. Tetapi, bunga kamboja diperkirakan pertama kali dibawa ke Indonesia oleh bangsa Portugis dan Belanda yang keduanya merupakan Bangsa yang peduli terhadap lingkungan dan sangat menyukai alam tropis. Kamboja yang berasal asli dari Indonesia adalah bunga kamboja yang berwarna putih dan bagian tengah berwarna kuning dimana kuntumnya tidak terbuka seperti bunga kamboja yang berasal dari dari luar Indonesia, bunga kamboja yang berasal dari Indonesia inilah yang sering Anda temukan di pemakaman.

Bunga kamboja tumbuh subur di dataran rendah sampai pada ketinggian 700 meter, namun secara umum tanaman ini bisa tumbuh subur di semua tempat.


JENIS-JENIS BUNGA KAMBOJA
Bunga kamboja tidak hanya terdiri dari satu jenis saja tetapi banyak jenis bunga kamboja yang lainnya, seperti :
  •  Plumeria Bali-Whirl. Bunga kamboja memiliki mahkota yang bertumpuk, cara memperbanyak dan melestarikan tanaman ini yaitu dengan melakukan penyetekkan.
    Plumeria Bali-Whirl
  • Plumeria Acuminata, bentuk mahkotanya membulat serta bagian ujungnya menggulung. 
Plumeria Acuminata
  • Plumeria Acutifolia, aroma bunga kamboja jenis ini sangat harum dan khasiatnya bisa untuk obat kencing nanah, bengkak, serta bisul. Bunga kamboja jenis ini banyak digunakan oleh orang Bali untuk melaknasakan upacara keagamaan.
Plumeria Acutifolia
  • Plumeria Cendana, meskipun beraroma harum tetapi getahnya mengandung racun yang racunnya tersebut dapat menimbulkan rasa gatal. 
  • Plumeria Cendana
  • Plumeria Kok Putih, jenis bunga ini walaupun sudah mekar tetap terlihat agak kuncup.
Plumeria Kok Putih
  • Adenium Obesum, kebanyakan orang menyebut bunga ini dengan kamboja Jepang. Padahal bunga ini bukan berasal dari Jepang melainkan dari Benua Afrika,tepatnya lagi ada di Tanzania, Kenya, dan Uganda. Bunga ini mampu bertahan hidup di padang pasir yang kadar airnya sangat rendah, sehingga bunga kamboja jenis ini juga biasa dikenal dengan sebutan the rose of desert.
Adenium Obesum

KEGUNAAN BUNGA KAMBOJA
Jika digunakan sebagai Obat :
Bunga kamboja mempunyai jumlah senyawa yang khasiatnya sebagai obat, seperti triterprenoid amirin, lupeol, dan fulvoplumierin. Zat-zat seperti itu bersifat antipiretik (untuk menurunkan demam), antiinflarnatif (untuk mengatasi radang), dan analgesik (meredakan rasa sakit). Karena kandungan yang dimiliki lah, bunga kamboja banyak digunakan orang untuk mengurangi nyeri haid dan mencegah pingsan akibat udara panas atau jika terkena sinar matahari (heat stroke).
Selain untuk mengobati penyakit tadi, bunga kamboja sendiri bisa digunakan untuk menyembuhkan luka luar seperti gigi berlubang, caranya dengan melumaskan getah kamboja pada kapas yang mana kapas ini nantinya digunakan untuk menutupi gigi yang berlubang, tapi ingat yaa jangan sampai mengenai gigi yang sehat.

Jika digunakan untuk Makanan :
Digunakan untuk membuat makanan ringan, seperti untuk membuat tempura bunga. Caranya sangat mudah, hanya dengan menambahkan bumbu yang berupa bawang putih, merica, garam lalu dicampur dengan tepung terigu serta baking powder. Akan menambah kreasi Anda dengan bunga kamboja yang selama ini hanya bisa menjadi bunga hias untuk Anda, bukan?

Selamat mencoba untuk bunga hias, untuk pengobatan, atau untuk makanannya..
Sekian artikel saya tentang bunga kamboja, tunggu postingan saya tentang bunga yang lainnya ya. Terima kasih.




You Might Also Like

2 komentar

  1. Infonya bermanfaat Anggraeni Putri Yuliani, saya numpang sharing untuk diinformasikan lagi ya. terimakasih

    BalasHapus