Pukul Empat

By 20.51



PUKUL EMPAT



Hai hai hai sahabat blogger, saya kembali lagi nih untuk membahas tentang pukul empat. Ada apa dengan pukul empat? Cerita horror atau cerita sedih kah?
Simak artikel saya kali ini, guys!

Pukul empat adalah sebutan untuk bunga yang hanya mekar saat pukul empat saja. Kenapa bisa begitu? Karena bunga pukul empat ini mendapat rangsangan cahaya dan menyebabkan bunga-bunganya mekar, nah gerakan tanaman yang seperti inilah yang biasa disebut dengan fotonasti.
Tanaman ini termasuk dalam kelas Dicotyledones, yaitu kelas tumbuhan yang mempunyau biji keping dua, mempunyai kelopak dengan kelipatan 4 sampai 5, serta urat daunnya yang menjari.
Bunga ini memiliki banyak warna, diantaranya merah, merah muda, putih, ungu, kuning, dan peach. Perbedaan warna antara yang satu dengan warna yang lain dilatar belakangi oleh gen, misalnya T= gen untuk bunga yang warnanya merah, dan t= gen untuk bunga yang warnanya putih, jika kedua bunga tersebut disilangkan, maka akan menghasilkan bunga berwarna merah muda. 



Selain digunakan sebagai tanaman hias tanaman ini juga berfungsi sebagai pembatas pagar. Kita bisa menjumpainya di dataran rendah maupun perbukitan yang banyak mendapat sinar matahari.
Bunga ini bukan cuma indah di mata, tapi tanaman ini juga memiliki banyak manfaat bagi manusia. Kandungannya yang berupa betaxanthis, zat asam lemak serta zat asam minyak dapat digunakan sebagai obat pelancar sirkulasi darah dan peluruh air seni.
Bunga pukul empat ini memiliki nama binomial “mirabillis jatapa”, bisa digunakan untuk meredakan radang amandel, radang tenggorokan, batuk berdarah, kanker, batu ginjal, batu empedu, dan kencing manis. Salah satu di antara manfaatnya, yang sangat penting bagi wanita adalah dapat mengatasi keputihan. Caranya sangat mudah loh, begini : cukup rebus bunga pukul empat dengan kulit delima kering atau lidah buaya, kemudian minum air rebusannya. Meskipun banyak manfaatnya, wanita hamil tidak dianjurkan untuk mengkonsumsinya dan untuk perebusannya dilarang menggunakan alat-alat yang terbuat dari besi.




Bentuk Tanaman 

bentuk pukul empat

Batang yang dimiliki oleh tanaman ini adalah batang basah yang tingginya mencapai 20-80 cm. kemudian daunnya berbentuk jantung yang berwarna hijau dengan panjang mencapai 2-11 cm dengan lebar 8 mm – 7 cm. 
 
batang tanaman pukul empat

Pangkal daun membulat di mana ujungnya meruncing serta bertepi rata. Adapun tangkai daunnya mempunyai panjang 6 mm – 6 cm. 

daun tanaman pukul empat

bunganya sendiri seperti terompet. 
 
bunga tanaman pukul empat

Buahnya yang keras dan berwarna hitam berbentuk bulat kasar bisa di buar sebagai bedak.

buah tanaman pukul empat

Selain itu, tanaman ini juga mempunyai umbi berwarna coklat kehitaman dengan isin berwarna putih dan berbentuk bulat memanjang dengan ukuran 7-9 cm dan berdiameter 2-5 cm.


Nahhh.. semoga postingan saya kali ini bermanfaat untuk Anda semua ya! Jangan lupa selalu kunjungi blog saya untuk mengetahui manfaat-manfaat bunga yang lainnya. Terima kasih.

You Might Also Like

1 komentar