Senin, 02 Februari 2015

KEMBANG SEPATU

KEMBANG SEPATU
kembang sepatu merah

Hallo sahabat blogger  \(‘_’)/ saya balik lagi nih buat ngebahas tentang bunga sepatu. Bunga sepatu? Apakah bentuknya menyerupai sepatu? Hahaha simak artikel saya kali ini ya.

Kembang sepatu adalah tanaman semak suku Malvaceae yang berasal dari Asia Timur dan banyak ditanam sebagi tanaman hias di daerah tropis dan subtropis. Bunga besar, berwarna merah dan tidak memiliki aroma bau. Bunga ini dari berbagai kulvitar dan hibrida bisa berupa bunga tunggal (daun mahkota selapis) atau bunga ganda (daun mahkota berlapis) yang berwarna putih hingga kuning, oranye hingga merah dan merah muda. 
 
kembang sepatu warna pink
Di Sumatra dan Malaysia bunga ini disebut dengan bunga raya. Bunga ini ditetapkan sebagai bunga nasional Malaysia pada tanggal 28 Juli 1960. Tetapi orang jawa banyak menyebutkan dengan kembang worawari.

Kembang sepatu memiliki 5 helai daun kelopak, yang dilindungi oleh kelopak tambahan, sehingga terlihat seperti dua lapis kelopak bunga. Mahkota bunga terdiri dari 5 lembar atau lebih jika merupakan hibrida. Tangkai putik berbentuk silinder panjang dikelilingi tangkai sari berbentuk oval yang bertaburan serbuk sari. Biji terdapat di dalam buah berbentuk kapsul berbilik lima. Pada umumnya tinggi pohon kembang sepatu sekitar 2 sampai 5 meter. Daun berbentuk bulat telur yang lebar atau bulat telur yang sempit dengan ujung daun yang meruncing.  Di daerah tropis atau rumah kaca tanaman ini berbunga sepanjang tahun, sedangkan jika di daerah subtropis tanaman ini hanya berbunga saat musin panas hingga mencapai musim gugur.
kembang sepatu kuning

Kembang sepatu bentuknya tidak terlalu besar diameter bunganya sekitar 6cm sampai 20cm. putiknya menjulur keluar dari dasar bunga. Bunga bisa mekar menghadap ke atas, ke bawah atau menghadap ke samping. Pada umumnya, tanaman ini bersifat steril dan tidak menghasilkan buah. Cara berkembang biaknya dengan cara di stek, pencangkokan, dan penempelan.

kembang sepatu warna campur

MANFAAT BUNGA SEPATU
Kembang sepatu banyak dijadikan tanaman hias karena bunganya yang cantik. Bunga digunakan untuk menyemir sepatu di India dan sebagai bunga persembahan. Di Tiongkok, bunga yang berwarna merah digunakan sebagai bahan pewarna makanan. Di Indonesia, daun dan bunga digunakan dalam berbagai pengobatan tradisional. Kembang sepatu yang dikeringkan juga diminum sebagai teh.
Di Okinawa, Jepang digunakan sebagai tanaman pagar. Di bagian selatan Okinawa, tanaman ini disebut Gushōnu hana (bunga kehidupan sesudah mati?) sehingga banyak ditanam di makam.

3 komentar: